WEB ENGINEERING

Pada era globalisasi sekarang ini website sudah menjadi kebutuhan yang sangat umum dan penting. Hampir semua bidang kehidupan seperti perusahaan, pemerintah, partai politik, organisasi, komunitas, dan bahkan perorangan mempublikasikan keberadaan dan menginformasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan mereka melalui website. Seperti yang kita ketahui, dengan Internet, informasi dapat disebarkan dengan cepat dan tanpa batas, selama masih dalam jaringan Internet.

Melihat begitu besarnya kebutuhan akan web, banyak orang yang berusaha untuk mengembangkan web. Web yang baik haruslah memiliki sistem, aplikasi, maupun antarmuka yang baik pula. Untuk itu, para pengembang web membutuhkan suatu metode atau disiplin ilmu mengenai cara-cara mengembangkan web dengan baik.

Web engineering atau rekayasa web merupakan ilmu yang mempelajari cara-cara mengembangkan dan memanajemen web. Jadi web engineering tidak hanya proses untuk membangun suatu web. Proses manajemen, analisa, evaluasi, maupun pemeliharaan juga terdapat di dalamnya.

Berikut ini adalah topik-topik utama web engineering sebagai disiplin ilmu menurut Wikipedia.
1. Web Process & Project Management Disciplines
2. Web Requirements Modeling Disciplines
3. Web System Design Disciplines, Tools & Methods
4. Web System Implementation Disciplines
5. Web System Testing Disciplines
6. Web Applications Categories Disciplines
7. Web Quality Attributes Disciplines
8. Content-related Disciplines
9. Web Engineering Education

0 Comments:

Post a Comment