Pembicara
Maemon Herawati

Opini
Menulis merupakan hal yang mudah dan menyenangkan bagi sebagian orang, tetapi juga merupakan suatu hal yang sulit dilakukan bagi sebagian yang lain. Hal ini tergantung pada bagaimana pandangan mereka tentang menulis dan sejauh mana keinginan mereka untuk menulis. Perlu diketahui bahwa secerdas apapun seseorang, ketika idenya tidak dituliskan, kecerdasannya hanya bertahan sebentar saja.

Sebagai mahasiswa, menulis merupakan hal yang penting atau bahkan wajib dikuasai. Menulis tidak hanya dibutuhkan waktu mata kuliah Bahasa Indonesai saja, tetapi juga saat mengambil mata kuliah lain. Bahkan, kemampuan menulis ini akan sangat dibutuhkan ketika mahasiswa mengerjakan tugas akhir atau skripsi.

Untuk mengembangkan potensi diri, kita bisa melakukan mapping atau menuliskan peta pikiran maupun ide-ide yang muncul dari otak kita. Kertas kosong ataupun kertas sisa bisa kita gunakan untuk menuliskan mapping diri kita. Meskipun hal ini terlihat sepele, namun coretan-coretan tangan kita ini bisa bermanfaat pada saat yang tepat. Kegunaan mapping antara lain sebagi berikut.
1. Sebagai modal dasar sebelum melangkah atau mengambil keputusan.
2. Sebagai panduan langkah-langkah yang harus kita lakukan.
3. Sebagai analisa kegagalan.
4. Menentukan skala prioritas dalam hidup.

Komentar dari orang lain tentang tulisan kita merupakan suatu hal yang sangat berarti. Kita bisa melakukan koreksi pada tulisan kita berdasarkan komentar dari pembaca. Komentar bisa kita jadikan sebagai panduan untuk menulis selanjutnya. Selain itu, komentar merupakan wujud apresiasi seseorang terhadap tulisan kita, sehingga bisa menimbulkan semangat pada diri kita untuk terus menghasilkan karya tulis yang lain.

Untuk mendapatkan komentar dari orang lain, kita bisa mempublikasikan tulisan kita. Publikasi tulisan dapat dilakukan dengan cara:
1. Mengirim tulisan ke surat kabar atau majalah.
2. Menempel tulisan pada majalah dinding.
3. Mempublikasikan tulisan melalui website atau blog.
4. Mempresentasikan makalah atau tulisan dalam suatu forum.

Mulai sekarang, marilah kita melatih diri untuk terbiasa menulis. Hal ini bisa kita mulai dengan menuliskan catatan harian maupun kejadian-kejadian yang terjadi di sekitar kita. Jika kita sudah terbiasa menuliskan hal-hal yang kecil, maka lama kelamaan kita bisa menghasilkan karya tulis yang besar seperti makalah, novel, maupun buku. Dengan menulis, kita bisa berbagi ilmu dengan orang lain dan juga meningkatkan ilmu yang kita miliki.

0 Comments:

Post a Comment