Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) adalah adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan sebagainya (Wikipedia). Dilihat dari pengertiannya tersebut, bisa diketahui bahwa RPL tidak hanya menyangkut masalah pembuatan suatu perangkat lunak, tapi juga semua hal yang berkaitan dengan pembuatan perangkat lunak seperti pemeliharaan, manajemen, proses produksi, dan sebagainya.

Melihat begitu besarnya peran RPL, maka di berbagai perguruan tinggi sudah banyak yang memiliki program studi RPL ini. Namun masih juga ada di perguruan tinggi yang RPL-nya termasuk dalam program studi Ilmu Komputer (Computer Science). Padahal jika kita teliti, ruang lingkup Computer Science dengan Software Engineering tidaklah sama. Seperti gambar di bawah ini (Computing Curricula 2005 IEEE).





Dari gambar tersebut bisa kita ketahui bahwa Computer Science lebih banyak mementingkan masalah teori dalam produksi perangkat lunak. Sedangkan pada RPL, teori dengan aplikasi lebih berimbang.

1 Comment:

  1. alan said...
    pusing.....ada pambahasan rpl tingkat smk nggak???

Post a Comment