Sebagian besar lulusan perguruan tinggi lebih memilih untuk menjadi pekerja daripada menjadi wirausaha. Alasannya bermacam-macam, mulai dari tidak punya jiwa berwirausaha, tidak punya modal, dan yang lebih parah adalah tidak punya keberanian. Memang keputusan untuk menjadi pekerja adalah hak mereka pribadi. Namun yang perlu diketahui adalah menjadi seorang wirausaha tidak hanya bisa meningkatkan taraf hidup kita sendiri tetapi juga bisa meningkatkan taraf hidup orang lain dan lambat laun akan memajukan perekonomian Indonesia.

Apakah wirausaha itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenai produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi pengadaan produk baru, memasarkannya, seta mengatur permodalan operasinya.

Setelah kita mengetahui arti wirausaha, timbul suatu pertanyaan, mengapa seseorang berwirausaha? Jawabannya banyak sekali, seperti penghasilan dari tempat kerja tidak mencukupi, lapangan pekerjaan terbatas, merupakan pilihan atau keinginan yang kuat, dan juga merupakan penyaluran hobi. Selain itu ada juga beberapa alasan menjadi wirausaha antara lain ingin lebih kaya secara materi, ingin lebih bebas, ingin mewujudkan impian, dan bahkan karena kepepet.

Di Indonesia, masih terlalu sedikit orang yang terjun di bidang usaha. Menurut Mc Clealend, negara akan berkembang kalau sekitar 2% penduduknya adalah jadi pengusaha. Jadi negara ini membutuhkan kurang lebih 4 jutaan pengusaha sementara saat ini baru sekitar 400 ribuan. Melihat prospek dan peluang mejadi wirausaha yang sangat besar, mengapa kita masih saja memperebutkan jatah untuk menjadi pegawai negeri atau pekerja yang jelas-jelas banyak pesaingnya?

Untuk menjadi seorang wirausaha, kita harus mengetahui 5 ciri seorang wirausaha, yaitu sebagai berikut.
1. Berani mengambil resiko
2. Menyukai tantangan
3. Punya daya tahan yang tinggi
4. Punya visi jauh ke depan
5. Selalu berusaha memberi yang terbaik

Banyak sekali yang diberikan oleh wirausaha kepada masyarakat. Misalnya produk baru atau jasa baru, lapangan kerja baru, lingkungan kerja yang kreatif, metoda baru untuk melakukan kegiatan bisnis, maupun bentuk baru penciptaan bisnis. Contoh-contoh tersebut semakin menegaskan bahwa wirausaha merupakan orang yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Sudah saatnya pola pikir bahwa lulusan perguruan tinggi harus menjadi pekerja kita ubah. Lulusan perguruan tinggi akan lebih bermanfaat jika menjadi pengusaha yang punya idealisme dan keahlian yang tinggi, yang pada akhirnya akan mencetak lapangan kerja. Satu kalimat penutup, “semangat kewirausahaan bukan semangat untuk cepat kaya, namun harus didasari semangat untuk menghasilkan kontribusi yang memberikan solusi bagi masyarakat".

6 Comments:

  1. Anonim said...
    Setuju bro, rata2 sebagian besar masyarakat kita masih "enjoy" dengan menjadi "karyawan" (termasuk saya juga), tapi saya sudah coba berwirausaha dengan membuka warung jus di seberang sebuah Mall di daerah Cibubur dan hasilnya lumayan, walaupun masih sekedar "impas" saya sudah bersyukur. Setidaknya dengan usaha itu saya bisa membuka lapangan pekerjaan baru bagi 1 orang. Insya Allah dalam 3 bulan kedepan, saya dan istri berencana membuka warung jus lagi di daerah lain yang saya harapkan juga dapat memberi lapangan pekerjaan bagi orang lain.

    Mohon masukan dan ide2 "segar" lainnya.

    Best regards,
    Fany Royssi Nanda
    ipulzz said...
    okee....pak...
    siiip bgt....
    sebagai pemuda kita harus bangkitkan negara ini dengan berusaha mengubah arah pandang masyarakat yg sudah terbiasa terobsesi untuk menjadi pegawai ke arah masyrakat yang berani menciptakan lapangan kerja bagi orang lain
    OSHI said...
    siiip...
    untuk pemula memang lumayan berat mebuka usaha baru...
    kita harus membuat visi yang jelas, mau ke arah mana usaha kita pada masa yang akan datang...
    yang penting jangan takut gagal dan harus tetap ulet...
    ipulzz said...
    okke pak
    semoga bebek dot net menjadi cikal bakal semangat para pemuda untuk membuka usaha yang kreatif,inovatif dan bermanfaat untuk masyarakat
    Harin said...
    yo3....
    ayo bisnis le....
    siapkan fisik dan mental
    OSHI said...
    yo yo yo.. siap ki...

Post a Comment