Abstrak
Perkembangan teknologi yang semakin pesat belakangan ini berbanding lurus dengan meningkatnya penggunaan laptop. Krisis energi yang terjadi membuat manusia terus mencari cara untuk menghemat energi perangkat keras mereka. Program green computing yang dikenal sejak 1992 pun semakin populer sekarang ini. Salah satu metode dalam green computing adalah power management. Menghemat energi laptop adalah metode power management yang mudah dilakukan. Jika seluruh orang di dunia menghemat energi pada laptop mereka, maka masalah krisis energi dunia dapat berkurang.

Kata Kunci
Green computing, hemat, energi, laptop

Pengertian Green computing
Menurut Wikipedia, Green computing adalah suatu studi dan praktek penggunaan sumberdaya komputer secara efisien. Istilah Green computing mulai dikenal pada tahun 1992 dengan dirilisnya program Energy Star, program promosi dan penghargaan bagi penerap efisiensi energi pada teknologi monitor, pengontrol iklim, dan teknologi lain, oleh US Environmental Protection Agency.

Motede-metode Pendekatan Green computing
Banyak metode pendekataan untuk melaksanakan green computing. Berdasarkan Wikipedia, metode-metode tersebut dapat digolongkan menjadi:
• Algorithmic efficiency
• Virtualization
• Terminal Servers
• Power management
o Power supply
o Storage
o Video Card
o Display
o Operating system issues
• 3.5 Materials recycling
• 3.6 Telecommuting
Dari berbagai metode di atas, salah satu yang mudah dilakukan adalah power management. Beralih dari PC ke laptop secara tidak langsung termasuk salah satu cara menghemat energi. “Laptop hanya memerlukan 10% energi yang digunakan Desktop. Flat screen hanya menggunakan 30% energi yang digunakan oleh Monitor CRT.” (Wahono, 2008)

Metode-metode Penghematan Energi pada Laptop
Dewasa ini, laptop sudah seperti kebutuhan pokok, terutama bagi kalangan mahasiswa dan pebisnis. Mobilitas yang tinggi seakan-akan mengharuskan mereka untuk terus menggunakan laptop. Meskipun berkecimpung di dunia Informasi dan Teknologi (IT), kita tidak mengabaikan masalah lingkungan begitu saja. Krisis energi yang terjadi seharusnya membuat kita sadar untuk ikut serta menghemat energi, terutama dalam green computing.

Kita harus memperhatikan masalah penghematan energi dalam penggunaan laptop. Berikut ini metode-metode yang dapat dilakukan untuk menghemat energi pada laptop.

1. Mengatur Pencahayaan Monitor
Tingkat pencahayaan pada monitor berbanding lurus dengan penggunaan energi. Semakin terang pencahayaan, semakin banyak pula energi yang dibutuhkan. Menurunkan tingkat pencahayaan, selama tidak mengganggu tampilan, merupakan cara bijak yang dapat kita lakukan.

2. Mengatur Power
Membiarkan laptop menyala tanpa digunakan bukanlah hal yang baik. Agar bisa menghemat energi walau komputer tidak dalam kondisi mati sempurna, kita bisa mengatur mode power pada laptop. “… mode power menentukan prosentase hemat energi (Sleep mode - hemat 70% energi, Standby mode - hemat 90% energi, Hibernate mode - hemat 98% energi)” (Wahono, 2008). Selain itu, jika kita menggunakan Windows Vista atau Windows 7, kita bisa memilih Power Saver pada Power Options di Control Panel.


3. Mematikan Wi-Fi (Wireless Fidelity)
Fungsionalitas Wi-Fi sudah menjadi fitur utama laptop sekarang ini. Namun tidak selamanya Wi-Fi ini kita gunakan. Jika sedang tidak benar-benar dibutuhkan, sebaiknya kita mematikan Wi-Fi karena menghidupkan Wi-Fi membutuhkan energi yang cukup besar.

4. Melepas Peripheral yang Tidak Digunakan
Tanpa kita sadari, peripheral seperti Flashdisk, Webcam, dan CD yang manancap pada laptop terus menyedot daya listrik. Oleh karena itu, sebaiknya kita lepas peripheral-peripheral tersebut jika sudah tidak tidak digunakan lagi.

5. Mematikan Program-program yang Kurang Penting
Biasanya kita sering membuka banyak program sekaligus. Hal tersebut tentu saja lebih banyak membutuhkan energi. Oleh karena itu, sebaiknya kita mematikan program-program yang sudah tidak kita gunakan. Fitur-fitur pendukung seperti menu sidebar sebaiknya juga kita nonatifkan agar lebih menghemat energi laptop.

Saran
Sebagai insan berpendidikan, sudah seharusnya kita peduli terhadap lingkungan, terutama masalah krisis energi akhir-akhir ini. Menghemat energi pada laptop memang hal sederhana. Namun jika hal ini dilakukan oleh seluruh orang di dunia, maka energi yang dapat dihemat sangatlah besar. Metode-metode penghematan energi pada laptop di atas hanya sebagian dari metode-metode yang dapat dilakukan. Namun hal terpenting bukanlah seberapa banyak metode yang kita ketahui, melainkan seberapa banyak usaha yang kita lakukan untuk melaksanakan metode tersebut.

0 Comments:

Post a Comment