Pembicara: Hendra E.P

Opiniku:

Kita tentu sudah sering mendengar istilah MVP (Most Valuable Player) atau pemain terbaik dalam suatu kejuaaraan olahraga. Microsoft, salah satu vendor IT terbesar di dunia, juga mengeluarkan MVP, tetapi dengan kepanjangan Most Valuable Professional. MVP adalah sebuah award yang diberikan oleh Microsoft kepada individu yang memiliki keahlian di bidang IT tertentu, misal database atau pemrograman.

Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah MVP sama dengan sertifikasi? Tentu saja berbeda. MVP merupakan suatu award, jadi untuk memperolehnya kita tidak perlu mengikuti ujian. Masa berlaku MVP adalah satu tahun. Microsoft selalu memantau para MVP apakah mereka layak mendapat gelar MVP lagi di tahun berikutnya atau tidak.

Mungkin banyak di antara kita yang ingin menjadi MVP tetapi tidak tahu cara untuk maraihnya. Kita tidak harus bekerja untuk Microsoft agar mendapat gelar MVP. Ada berbagai cara untuk meraih MVP. Pertama, kita harus aktif di forum komunitas tertentu seperti SQL Server, MUGI, atau .NET. Kita bisa mulai dengan sekedar bertanya-tanya kepada forum. Kemudian makin lama kita juga harus bisa memberikan suatu solusi terhadap masalah-masalah yang dibahas di forum. Cara kedua adalah dengan aktif di blog. Lewat blog, kita bisa berbagi ilmu dengan menuliskan ide-ide kita agar bisa dibaca oleh orang lain. Hal ini tentunya juga akan menambah pengetahuan masyarakat maupun diri kita sendiri. Cara ketiga adalah dengan menjadi seorang pembicara di event-event. Mungkin bisa kita awali dengan berbicara di tingkat kampus dan akhirnya sampai tingkat internasional. Jika kita sudah mampu untuk mneyampaikan ide maupun pengetahuan kita di depan orang banyak, maka hal itu merupakan indikasi bahwa kita sudah menguasai 100% ilmu tersebut.

Di Indonesia ada sekitar 20 orang yang mendapat gelar MVP. Salah satu dari mereka adalah lulusan IT Telkom, kampus tercinta ini. Prestasi ini patut kita banggakan karena ternyata negeri kita tercinta ini tidak kalah dengan bangsa-bangsa asing. Selain bangga, kita juga harus mampu meningkatkan prestasi tersebut agar bangsa Indonesia tidak kalah dalam persaingan global sekarang ini, khususnya di bidang IT. Jadi, siapkan diri anda sekarang juga untuk menjadi The Next MVP!

1 Comment:

  1. Arhanata said...
    Memang banyak orang yang ingin memjadi seorang MVP. Alasannya ingin kemampuannya dihargai dan diketahui oleh khalayak, tentunya di samping membagi ilmu-ilmu.

    Sebagian besar dari kita tidak mengetahui bagaimana menjadi seorang MVP. Microsoft memberikan penghargaan tersebut memang tidak sembarangan. Orang yang menyandang MVP pun belum tentu akan menyandang penghargaan tersebut.

    Sedikit pemberitahuan, Universitas Kami, Universitas Lambung Mangkurat, Fakultas MIPA, Jurusan Ilmu Komputer juga memiliki seorang Dosen yang menyandang MVP tersebut.

    So, ayo generasi selanjutnya buktikan kemamapuan kita....

    (kunjungan balik ya...)
    ARHANATA
    SMART BEKANTAN

Post a Comment