Pemendek URL atau URL shortener akhir-akhir ini mulai banyak digunakan orang. Dengan layanan pemendek URL kita bisa memperpendek URL atau link yang sebelumnya sangat panjang menjadi jauh lebih pendek. Ketenaran pemendek URL ini tak lepas dari para pengguna Twitter. Kita tahu bahwa di Twitter, tweet yang bisa kita tuliskan maksimal panjangnya hanya 140 karakter.

Penyedia layanan URL shortener yang terkenal adalah bit.ly. Selain itu masih ada lagi tinyurl.com, adf.ly, snipurl.com, dsb. Situs-situs terkenal di dunia pun mulai menggunakan layanan ini. Berikut ini contohnya.


Nah karena tak mau ketinggalan, aku pun ikut mencoba URL shortener ini. Pertama aku menggunakan bit.ly. Hasilnya URL yang sangat panjang yaitu http://taneyoroshi.blogspot.com/2009/12/facebook-sediakan-info-tanggal-jadian.html menjadi http://bit.ly/6hMsTy. Biar adil, aku juga mencoba layanan yang disediakan oleh tinyurl.com. URL http://taneyoroshi.blogspot.com/2009/12/juara-gadget-award-2009.html berubah menjadi sangat singkat yaitu http://tinyurl.com/ya5yzpe. Sekarang anda semua tertarik untuk ikut mencoba kan? Silakan langsung meluncur ke situs penyedia layanan URL shortener.

2 Comments:

  1. Jeffry said...
    wah maksud dari "ya5yzpe" di http://tinyurl.com/ya5yzpe apa'an tuh?? koq malah g jelas? truz nama url kita koq malah jadi tinyurl??
    OSHI said...
    itu adalah url kita yg baru yg dirandom oleh tinyurl.. memang jadi ga jelas n sulit dihafalkan, tapi lebih baik daripada url sebelumnya http://taneyoroshi.blogspot.com/2009/12/juara-gadget-award-2009.html

    terima kasih atas kunjungannya..

Post a Comment