Senin pagi (22/02/2010) gak ada kerjaan, iseng2 aku buka alexa.com. Sudah lama aku tidak mengunjungi website pemantau trafik lalu lintas dunia maya ini. Langsung saja aku mencari daftar situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Hasilnya tak jauh beda dengan beberapa bulan lalu. Berikut ini hasil selengkapnya (10 besar aja ya).


  1. facebook.com
  2. google.co.id
  3. google.com
  4. yahoo.com
  5. blogger.com
  6. wordpress.com
  7. kaskus.us
  8. youtube.com
  9. detik.com
  10. 4shared.com


Wah karena bosan dengan hasil yang itu-itu saja, pikiran isengku muncul lagi. Aku ingin tahu juga 10 besar website di Malayasia, tetangga Indonesia yang maju tapi banyak ulah itu. Hasilnya adalah seperti ini.


  1. facebook.com
  2. google.co.my
  3. yahoo.com
  4. google.com
  5. youtube.com
  6. blogger.com
  7. live.com
  8. wikipedia.org
  9. msn.com
  10. myspace.com


Wow, hasilnya tak jauh beda dengan Indonesia. Kedua negara ini sama-sama dilanda demam facebook. Kebanyakan pengaksesnya tentu saja kalangan muda. Tapi ada hal positif bagi Indonesia. Dua situs yang dikembangkan oleh anak negeri sendiri bisa masuk jajaran 10 besar yaitu kaskus.us dan detik.com. Ini menandakan bahwa masyarakat Indonesia cinta produk lokal dan mampu membuat website yang bisa bersaing dengan website luar.  Bandingkan dengan 10 besar Malaysia yang semuanya dikuasai oleh situs luar.

Untuk masalah ngeblog, bisa dibilang kedua negara ini mempunyai banyak blogger. Di Indonesia blogger.com dan wordpress.com bersaing ketat sebagai situs layanan penyedia blog gratis. Sedangkan di Malaysia, blogger.com sepertinya belum ada saingan.

Tapi Malaysia lebih unggul dalam hal mencari pengetahuan di wikipedia.org, situs ensiklopedia online dan gratis. Tapi bukan berarti masyarakat Indonesia tidak suka dengan pengetahuan. Masyarakat Indonesia lebih senang untuk mencari pengetahuan di kaskus.us. Di situs ini, sumber pengetahuan tidak hanya dari wikipedia, namun juga dari situs-situs lain. Jadi info yang disajikan lebih banyak dan menarik.

3 Comments:

  1. saiful said...
    weew....
    nice inpooh brooo...
    mank kaskus sumber informasi buat anak2 indonesia....
    keep ngaskus n blogging....hhaha
    iphud said...
    ijin REPSOL gan edit2 dikit :D
    OSHI said...
    oke gan, silakan aja asal ditulis sumbernya :D

Post a Comment