Pada Piala Asia 2007 lalu, Indonesia berhadapan dengan Bahrain pada laga awal. Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah bersama Malaysia, Vietnam, dan Thailand, dituntut untuk memberikan hasil yang terbaik untuk seluruh tanah air tercinta. Tentu ini perjuangan yang tidak mudah. Bahrain merupakan salah satu tim kuat di kawasan Asia Timur. Dengan rata-rata pemain berpostur tinggi, tentu ini akan sangat menyulitkan Indonesia baik dalam menyerang maupun bertahan.

Pertandingan berjalan sangat alot. Indonesia bermain sangat semangat dengan dukungan dari puluhribuan supporternya yang hadir di stadion. Pada menit ke-14 babak pertama, Indonesia mengejutkan Bahrain dengan mencetak gol pertama lewat kaki Budi Sudarsono yang saat itu bermain untuk klub Persik Kediri. Dia memanfaatkan umpan congkel Firman Utina dari tengah. Dengan skill yang tinggi dan insting menceta gol yang tajam, Budi lepas dari kawalan bek dan melewati kiper Bahrain sebelum melepaskan tendangan terarah ke gawang. Sontak gol ini membuat stadin bergemuruh.

Menit 27, Bahrain membalas gol Indonesia. Memanfaatkan kesalahan Mahyadi Panggabean di sektor kiri pertahanan, pemain Bahrain melepaskan umpan silang ke tengah. Koordinasi yang buruk antara M.Ridwan, Maman Abdurahman, dan kiper Jendry Pitoy juga menyebabkan mudahnya striker Bahrain untuk menceploskan bola. Hasil imbang 1-1 ini bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, tepatnya di menit ke-64, Idonesia kembali unggul. Diawali dari kombinasi cantik Elly Aiboy dan Budi Sudarsono di sayap kiri, kemudian bola dialirkan ke Firman Utina. Melihat ada ruang tembak, Firman langsung menembak bola dari luar kotak penalti. Bola menghujam deras menerpa tiang gawang. Bambang Pamungkas yang berdiri bebas dengan mudah memanfaatkan bola muntah dengan sekali sentuhan untuk menjadi gol. Kiper Bahrain yang sudah terlanjur jatuh hanya bisa melihat gawangnya dirobek BP. Stadion bergemuruh seakan mau runtuh. Skor ini bertahan hingga usai perandingan. Jutaan rakyat Indonesia begitu bahagia dan terharu melihat perjuangan heroik para punggawa timnas.

Lihat video Indonesia vs Bahrain

2 Comments:

  1. david.miftahudin said...
    indonesia bariki musuh iran cuk,,,
    OSHI said...
    siip
    menang mestine

Post a Comment