Sampai saat ini masih ada saja orang Indonesia yang takut untuk menonton langsung pertandingan sepakbola Indonesia di stadion. Entah itu takut kalo ada tawuran (ini memang budaya kita :D), takut copet, takut dijahili (bagi kaum hawa), dll. Semua itu bisa kita atasi. Berikut tips-tips agar kita aman menonton sepakbola di stadion.

A. Sebelum masuk stadion
1. Pastikan anda membeli tiket masuk asli dari panitia pelaksana pertandingan. (kalo kepepet dari calo juga boleh asal tiketnya asli)
2. Jangan membawa barang-barang berharga dan bawa uang secukupnya saja. (pas untuk harga tiket, jajan, transport, n dana tak terduga)
3. Sebaiknya anda datang dengan banyak orang. (kalo sendiri takutnya tar hilang)
4. Gunakan sepatu, jangan sandal. (berdasarkan pengalaman, jika ada tawuran kita susah untuk berlari kalo kita pake sandal.. hehe)
5. Bawa pakaian cadangan selain pakaian atribut tim anda.
6. Jangan membawa petasan, api, atau benda yang mudah meladak atau terbakar.
7. Jangan membawa botol, benda keras, maupun senjata tajam.
8. Jangan membawa minuman keras atau mabuk sebelum menonton.
9. Parkir kendaraan anda di tempat penitipan yang aman dan terpercaya.
10. Masuklah sesuai dengan tribun anda.

B. Di dalam stadion
1. Duduklah sesuai dengan nomor kursi di tiket anda. Jika tidak ada nomor, carilah tempat duduk yang paling nyaman menurut anda dan jangan menyendiri. (bergerombol enak jo..)
2. Selalu awasi barang-barang yang anda bawa. (jangan-jangan ada copet)
3. Silakan dukung tim anda, hujat lawan maupun wasit, tetapi jangan sampai berbuat anarkis seperti melempar botol atau membunyikan petasan.
4. Jika anda seorang wanita atau pria yang membawa teman wanita, pacar, atau yang wanita pokoknya, sebaiknya anada tidak duduk di tribun ekonomi. (pengalaman niy, biasanya cewek walopun keren atau enggak selalu dijahili)
5. Jika anda tidak kebagian tempat duduk dan terpaksa berdiri, carilah tempat yang nyaman dan jangan sampai mengganggu penonton yang duduk.

C. Keluar stadion
1. Keluarlah melalui pintu keluar yang disediakan.
2. Keluarlah di saat sepi, hindari desak-desakan. Jika terpaksa berdesak-desakan, berhati-hatilah dengan barang bawaan anda. Dahulukan wanita dan anak-anak.
3. Tetap jaga keamanan, jangan berbuat anarkis.

D. Jika terjadi tawuran
1. Cari tempat berlindung yang aman dan tetap dalam gerombolan teman anda.
2. Jika anda terpisah dari gerombolan, ganti kaos tim anda dengan kaos cadangan dan menyamarlah sebagai warga biasa. (ini sebenarnya cara pengecut, tapi ya daripada bonyok...)
3. Tutupi kepala anda, waspada dengan serangan batu. (pengalaman niy, jika kena timpuk batu bisa bocor..)
4. Kibarkan bendera merah putih sebagai tanda bahwa kita satu bangsa.
5. Tunggu polisi untuk mengatasi situasi.
6. Jika polisi tidak bertindak, lakukan pembelaan diri dan serangan balasan. (hehe..)

Mungkin itu saja tips-tips dari saya. Jika ada yang mau menambah, tidak setuju, atau apa saja, silakan memberi komentar. Mudah-mudahan semakin banyak orang yang datang langsung ke stadion sepakbola dan akhir kata "Jayalah terus sepakbola Indonesia..."

1 Comment:

  1. Anonim said...
    TIPS yang bagus :p

Post a Comment