SEJARAH KOMPUTER

Perkembangan komputer secara umum dapat digolongkan ke dalam lima generasi. Generasi I terdiri dari Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), dan Universal Automatic Computer (UNIVAC). Setiap komputer memilki program kode biner yang berbeda yang disebut “machine language”. Hal ini menyebabkan computer sulit untuk diprogram dan untuk dibatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tabung vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

Komputer generasi II menggunakan transistor sebagai pengganti tabung vakum dengan ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan tabung vakum. Pada komputer generasi II mulai dikenal bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN). Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

Komputer generasi III menggunakan Integrated Circuit (IC) yang membuat komputer menjadi semakin lebih kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Pada komputer generasi ketiga ini mulai berkembang sistem operasi (Operating System) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan menkoordinasi memori komputer.

Komputer generasi IV merupakan evolusi dengan konsentrasi memperkecil IC untuk mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Pada komputer generasi keempat ini mulai dikenal Personal Computer (PC). Komputer melanjutkan evolusinya menjadi ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam.

Komputer generasi V merupakan computer modern yang masih dalam tahap penelitian. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah computer dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), computer yang cukup memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

0 Comments:

Post a Comment