Malam itu ketika aku membuka lemari, tak sengaja kulihat koleksi tiket pertandingan sepakbola yang pernah aku tonton. Perhatianku tertuju pada tiket yang terdapat logo AFC (Asian Football Confederation), yaitu tiket pertandingan Persik Kediri di Liga Champions Asia dan tiket laga timnas Merah Putih di Piala Asia. Semua pertandingan tersebut berlangsung pada tahun 2007.









Di bagian belakang tiket, terdapat tulisan panjang tentang peraturan yang harus ditaati oleh penonton yang masuk ke stadion. Pada tiket Liga Champions Asia hanya terdapat tulisan berbahasa Inggris dan pada tiket Piala Asia sudah ada terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia. Berikut ini isi peraturannya.

PROHIBITED ITEMS
Weapons: Firearms, bladed and pointed instrument, Chemicals, Glass bottles
Substances: Drugs, poisons, etc
Fire & Explosive Substances: Firecrackers, fireworks, lighters, etc

AFC TERMS AND CONDITIONS
The person for whom this admission ticket has been issued has agreed to accept and comply with the Ticket Terms and Conditions given below:
1. Only holders of this ticket will be admitted to the seats. Please present this ticket at the designated entrance (according to seats price). This ticket is valid only for the match held on the date and the time shown on the front hereof.
2. Ticket holder cannot elect to return or exchange their Ticket for any reason. No refunds - No exchanges.
3. Tickets will not be replaced if lost, destroyed or stolen.
4. Tickets are not redeemable for cash. The use of tickets for advertising, sales promotions or any other commercial purposes (including, but not limited to, offers for sale, use as a premium, give-away or prize in a competition or sweepstake) without the prior written approval of AFC is strictly prohibited. Tickets so obtained are void and offenders or holders of such tickets will be prosecuted to the full extent of the law.
5. If requested by the Authorities all person shall be required to cooperate in respect providing evidence of identity, permitting the reasonable inspection of personal belongings, confiscation of prohibited items, and/or body checks.
6. It is prohibited to take into the stadium, any promotional or commercial item of whatever nature including but not limited to, banners, signs, symbols and leaflets.
7. Tickets holders are prohibited from transmitting or aiding in the transmission of any description, narrative account, picture or reproduction of the match. Offenders will be removed from the stadium.
8. Ticket holders voluntarily assume all risks of personal injury or other loss or damage arising and suffered as a direct or indirect results of attendance at the match for which the ticket has been issued and releases the Asian Football Confederation, the stadium, players and their respective agents and employees from any liability, regardless or wheter such injury or loss occurs before, during or after the match.

Gimana?? Bingung artinya?? Nih versi bahasa Indonesianya.

BENDA TERLARANG
Senjata: Senjata api, pisau dan benda tajam, senjata kimia, botol kaca.
Zat Terlarang: Narkoba, racun, dsb
Zat api dan peledak: Kembang api, petasan, korek api, dsb.

AFC TERMS AND CONDITIONS
Pemegang tiket telah setuju, menerima dan tunduk kepada term dan kondisi tiket di bawah ini:
1. Hanya pemegang tiket yang diijinkan duduk. Perlihatkan tiket saat di pintu masuk yang dituju (sesuai dengan tempat duduk). Tiket ini hanya berlaku untuk pertandingan yang diadakan pada tanggal dan waktu yang tertera pada tiket.
2. Pemegang tiket tidak dapat menegmbalikan atau menukar tiketnya untuk alasan apapun. Tidak ada pengembalian uang - tidak ada penukaran.
3. Tiket tidak akan diganti jika hilang, rusak ataupun dicuri.
4. Tiket tidak dapat diuangkan. Penggunaan tiket untuk iklan, promosi penjualan atau kegiatan komersial lainnya (termasuk, dan tidak terkecuali pada penawaran penjualan, digunakan sebagi diskon, hadiah atau pemberian cuma-cuma) tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari AFC tidak diizinkan. Tiket yang diperoleh dengan cara tersebut tidak berlaku dan pelanggar atau pemegang tiket tersebut akan dituntut sesuai dengan hukuman yang seberat-beratnya.
5. Untuk tujuan keamanan dan terselenggaranya pertandingan dengan baik dan lancar, jika diminta oleh pihak yang berwenang agar dapat bekerjasama untuk menunjukkan kartu identitas, menunjukkan barang bawaan, penyitaan benda terlarang, dan/atau pemeriksaan badan.
6. Dilarang membawa benda-benda promosi dan komersial ke dalam stadion dalam bentuk apapun tidak terkecuali spanduk, simbol-simbol, dan leaflet.
7. Pemegang tiket dilarang mentransmisikan atau membantu transmisi setiap deskripsi, account narasi, gambar atau reproduksi pertandingan. Pelanggar akan dikeluarkan dari stadion.
8. Pemegang tiket dengan sukarela menerima semua resiko cidera atau kehilangan atau kerusakan yang timbul secara langsung atau tidak langsung pada saat menonton pertandingan dan membebaskan Konfederasi Sepakbola Asia, stadion, para pemain dan agen dan karyawan dari semua kewajiban yang disebabkan oleh cidera ataupun kerugian yang terjadi sebelum pertandingan, selama pertandingan atau setelah pertandingan.

0 Comments:

Post a Comment