Sebagai mahasiswa sudah seharusnya kita mepunyai jawaban dari pertanyaan di atas. Hal ini berfungsi untuk menentukan langkah kita ke depan.

Apa perbedaan lulus tepat waktu dengan lulus di waktu yang tepat? Lulus tepat waktu adalah lulus sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh institusi tempat kita menuntut ilmu. Misalnya untuk program sarjana waktu yang ditentukan adalah empat tahun dan untuk program diploma adalah tiga tahun. Sedangkan lulus di waktu yang tepat adalah lulus di saat kita sudah menguasai semua materi yang diberikan di perkuliahan dan kita sudah mempunyai bekal yang cukup untuk bersaing di dunia kerja, jadi tidak harus sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh institusi. Misalnya untuk program sarjana bisa lulus kurang dari empat tahun, tepat empat tahun, atau bahkan bisa lebih dari empat tahun.

Banyak mahasiswa menginginkan lulus tepat waktu. Memang hal ini mempunyai banyak keuntungan seperti anggaran uang kuliah tidak membengkak atau membuat bangga diri sendiri dan orangtua karena kuliah tidak sampai molor. Tapi apakah dengan lulus tepat waktu kita mampu bersaing di dunia kerja? Hal ini bergantung pada pribadi masing-masing. Bagi mereka yang benar-benar mempunyai kemampuan dan daya saing akan bisa berbicara banyak di dunia kerja kelak. Sedangkan bagi mereka yang hanya lulus secara nilai tetapi kemampuannya belum bisa dikatakan cukup akan gagal bersaing di dunia kerja.

Mahasiswa yang terlambat lulus biasanya dianggap sebagai mahasiswa yang bodoh atau gagal. Anggapan ini sah-sah saja, tapi tidak selamanya hal ini benar. Ada mahasiswa yang terlambat lulus karena dia aktif di organisasi, sibuk mengikuti kejuaraan ilmiah, atau kegiatan positif lainnya. Mereka boleh saja lulus terlambat, tetapi mereka telah mempunyai segudang kemampuan dan pengalaman untuk bertarung di dunia kerja yang belum tentu dmiliki oleh mahasiswa lainnya.

Dari semua itu mungkin yang terbaik adalah mahasiswa yang lulus tepat waktu di waktu yang tepat. Jadi dia lulus tepat sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan oleh institusi dan saat itu dia benar-benar telah mempunyai kemampuan yang cukup untuk bersaing di dunia kerja.

0 Comments:

Post a Comment