Banyak orang yang berbicara tentang manajer tapi tidak mengerti siapa itu manajer. Dahulu orang mengartikan manajer secara sederhana. Manajer adalah anggota organisasi yang menyuruh orang lain melakukan sesuatu dan memberitahu cara melakukannya. Jadi pengertian manajer yang lama cuma sebatas dalam ruang lingkup organisasi atau perusahaan.

Sekarang definisinya tidak sesederhana itu. Manajer adalah seseorang yang bekerja dengan dan melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan pekerjaan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Jadi kita pun bisa menjadi manajer tanpa harus menjadi pimpinan suatu organisasi atau perusahaan.

Berikut ini tingakat manajer dalam keorganisasian yang berstuktur tradisional dari bawah sampai atas.

1. Manajer lini pertama
Manajer pada tingkatan paling rendah dalam organisasi yang mengelola pekerjaan karyawan non‐managerial yang terlibat dalam produksi dan penciptaan produk organisasi.

2.Manajer menengah
Manajer di antara tingkatan lini pertama dan tingkatan puncak organisasi yang mengelola ekerjaan para manager lini pertama.

3. Manajer puncak
Manajer di dekat tingkatan puncak organisasi yang bertanggungjawab membuat keputusan yang berlingkup keseluruhan organisasi dan menyusun sasaran serta rencana yang mempengaruhi organisasi secara keseluruhan.

0 Comments:

Post a Comment